Friday, November 4, 2011

RPP Limbah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :   SMK Negeri 661 Makassar
Mata Pelajaran            :   IPA Terpadu (Biologi Industri)
Kelas/ Semester           :   XI/ I
Alokasi Waktu            :   2   X  45 menit   
Standar Kompetensi    :  2. Memahami polusi dan dampaknya terhadap manusia dan lingkungannya
Kompetensi Dasar       :  2.4 Mendeskripsikan cara-cara menangani limbah
Indikator                      :  2.4.1 Menyebutkan cara-cara menangani limbah cair
    2.4.2 Menjelaskan cara-cara penanganan limbah cair

A.    Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah
a.       Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis limbah cair
b.      Siswa mampu menjelaskan cara-cara menangani limbah cair 

B.     Materi Pembelajaran: limbah cair
1.      Pengertian limbah cair
Limbah cair adalah limbah yang berwujud cair.limbah cair terlarut dalamair selalu berpindah dan tidak pernah diam.
2.      Faktor yang mempengaruhi kualitas limbah sebagai berikut:
a.       Volume limbah
b.      Kandungan bahan pencemaran
c.       Frekuensi pembuangan limbah
3.      Jenis-jenis limbah
a.       Sifat fisika dan sifat agregat
b.      Parameter logam
c.       Anorganik non metalik
d.      Organik agregat
e.       Mikroorganisme
f.       Sifat khusus
g.      Air laut
4.      Teknik-teknik pengolahan air buangan yang telah dikembangkan tersebut secara umum terbagi menjadi 3 metode pengolahan:
a.    Pengolahan secara fisika
b.    Pengolahan secara kimia
c.     Pengolahan secara biologi

C.     Strategi Pembelajaran
Model              : STAD
Metode            : Ceramah, tanya jawab dan penugasan

D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Jenis kegiatan
Waktu
A
Kegiatan awal
1.      Presensi
2.      Apersepsi : apakah kalian tahu cara-cara untuk menangani limbah?
3.      Motivasi : hari ini kita akan mempelajari tentang cara-cara menangani limbah cair.
4.      Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
15’ menit
B
Kegiatan inti
1.      Menyampaikan beberapa informasi tentang cara-cara menangani limbah cair. Meminta partisipasi siswa untuk menyebutkan cara-cara menangani limbah cair.
2.      Peserta didik mencari informasi lain secara luas dari berbagai macam sumber.
3.      Melakukan tanya jawab terhadap siswa mengenai cara-cara menangani limbah cair.
60’ menit
C
Kegiatan akhir
1.      Guru bersama dengan siswa menyusun kesimpulan hasil pembelajaran.
2.      Memberikan tugas rumah (pekerjaan rumah)
15’ menit

E.     Sumber Belajar

·         Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK kelas XI penerbit Yudistira
·         Lingkungan sekitar
·         Sumber informasi lain; koran, majalah, website internet, dll

F.      Penilaian
·         Teknik                         : Tugas mandiri
·         Bentuk instrumen        : Tes tertulis
·         Instrumen                    : Soal uraian

G.     Instrumen Penilaian Kognitif
Soal :
1.         Sebutkan teknik-teknik pengolahan air buangan?
2.         Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas limbah?
3.         Apa yang dimaksud dengan limbah cair?
4.         Sebutkan jenis-jenis limbah cair!

Kunci jawaban
No
Kunci jawaban
Skor
1.
Pengolahan secara fisika, pengolahan secara kimia, dan pengolahan secara biologi
2
2.
a. Volume limbah, banyak sedikitnya limbah mempengaruhi kualitas limbah.
b. Kandungan bahan pencemar, kualitas limbah dipengaruhi oleh kandungan bahan pencemar
c. Frekuensi pembuangan limbah, pembuangan limbah dengan frekuensi tinggi akan menimbulkan masalah
3
3.
Limbah cair adalah limbah yang berwujud cair.limbah cair terlarut dalamair selalu berpindah dan tidak pernah diam.
2
4.
Sifat fisika dan sifat agregat, parameter logam, anorganik non metalik, organik agregat, mikroorganisme, sifat khusus, air laut
3

Jumlah
10


         Rumus Nilai Kognitif = jumlah skor perolehan  X 100%
                Jumlah skor maksimal  

A.    Instrumen Penilaian  Afektif

NO

NAMA

SKOR PEROLEHAN
SETIAP ASPEK

1     2     3    4  5     6     7    8

NILAI

INDIKATOR
(Aspek yang dinilai)




1.Tepat waktu mengikuti PBM
2. Keaktifan dalam PBM
3. Santun  terhadap  guru  dan temannya
4. Tanggung jawab
5. Menghargai pendapat orang lain
6. Ketelitian
7. Ketekunan
8. Presentase kehadiran di kelas

Pedoman Penilaian
1. skor 32 - 40 = Amat baik
2. skor 24 - 31 = Baik
3. skor 16- 23  = Cukup
4. skor 8 – 15  = Kurang


















































Rumus nilai afektif = Jumlah Keseluruhan Skor Perolehan  X  100%       
                                                  Jumlah Aspek                         


                                                                                    Makasssar,         Oktober 2011     

Mengetahui
Guru Pamong,                                                                                     Mahasiswa PPL,


                                                                                    
Nurhayati. M,  S. Pd.                                                                          Eva Juliyana  
Nip.                                                                                                     Nim. 2040308019


                                                           Dosen Pembimbing



                                                           Jamilah, S.Si, M.Si.
                                                           Nip. 1976 0405 2005 012 006




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :   SMK Negeri 1 Makassar
Mata Pelajaran            :   IPA Terpadu (Biologi Industri)
Kelas/ Semester           :   XI/ I
Alokasi Waktu            :   2   X  45 menit   
Standar Kompetensi    :  2. Memahami polusi dan dampaknya terhadap manusia dan lingkungannya
Kompetensi Dasar       :  2.4 Mendeskripsikan cara-cara menangani limbah
Indikator                      :  2.4.1 Menyebutkan cara-cara menangani limbah padat
2.4.2        Menjelaskan cara-cara penanganan limbah padat

A.    Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah
a.       Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis limbah padat
b.      Siswa mampu menjelaskan cara-cara menangani limbah padat

B.     Materi Pembelajaran: Limbah Padat
1.      Pengertian limbah padat
Limbah padat adalah limbah yang berwujud padat. Limbah padat yang bersifat kering, tidak dapat berpindah kecuali ada yang memindahkannya. Limbah padat berasal dari kegiatan industri dan domestik.
2.      Jenis – jenis limbah padat : kertas, kayu, kain, karet/kulit tiruan, plastik, metal, gelas/kaca, organik, bakteri dan lain – lain.
3.      Klasifikasi limbah padat secara umum dibagi menjadi empat kelompok yaitu
a.         Sampah domestik
b.        Sampah komersial
c.         Sampah industri
d.        Limbah yang berasal dari yang disebutkan di atas misalnya; limbah bencana alam, limbah dari pepohonan, dan sebagainya.  

4.      Tahap pengolahan limbah meliputi:
a.       Pengurangan sumber
b.      Penggunaan kembali
c.       Pemanfaatan

C.     Strategi Pembelajaran
Model              : STAD
Metode            : Ceramah, tanya jawab dan penugasan


D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Jenis kegiatan
Waktu
A
Kegiatan awal
a.         Presensi
b.         Apersepsi : apakah kalian tahu cara-cara untuk menangani limbah?
c.       Motivasi : hari ini kita akan mempelajari tentang cara-cara menangani limbah padat.
d.      Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
15’ menit
B
Kegiatan inti
1.      Menyampaikan beberapa informasi tentang cara-cara menangani limbah padat. Meminta partisipasi siswa untuk menyebutkan cara-cara menangani limbah cair.
2.      Peserta didik mencari informasi lain secara luas dari berbagai macam sumber.
3.      Melakukan tanya jawab terhadap siswa mengenai cara-cara menangani limbah padat.
60’ menit
C
Kegiatan akhir
1.      Guru bersama dengan siswa menyusun kesimpulan hasil pembelajaran.
2.      Memberikan tugas rumah (pekerjaan rumah)
15’ menit



E.     Sumber Belajar

·         Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK kelas XI penerbit Yudistira
·         Lingkungan sekitar
·         Sumber informasi lain; koran, majalah, website internet, dll

F.      Penilaian
·         Teknik                         : Tugas mandiri
·         Bentuk instrumen        : Tes tertulis
·         Instrumen                    : Soal uraian

G.     Instrumen Penilaian Kognitif
Soal :
a.       Apa yang dimaksud dengan limbah padat?
b.      Sebutkan jenis-jenis limbah padat!
c.       Sebutkan dan jelaskan tahap pengolahan limbah!
d.      Sebutkan klasifikasi limbah padat secara umum!

Kunci jawaban
No
Kunci jawaban
Skor
1.
Limbah padat adalah limbah yang berwujud padat. Limbah padat bersifat kering, tidak dapat berpindah kecuali ada yang memindahkannya.
2
2.
Kertas, kayu, kain, karet/kulit tiruan, plastik, metal, gelas/kaca, organik, bakteri, dan lain – lain  
2
3.
a. pengurangan sumber
banyaknya sampah yang dihasilkan oleh setiap orang dapat dikurangi jumlahnya dengan mengurangi pemakaian.
b.penggunaan kembali
barang – barang yang sudah tidak digunakan dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan
c.pemanfaatan limbah yaitu upaya mengurangi volume, konsentrasi, toksisitas, dan tingkat bahaya limbah ke lingkungan
3
4.
a.       Sampah domestik
b.      Sampah komersial
c.       Sampah industri
d.      Limbah yang berasal dari yang disebutkan di atas misalnya; limbah bencana alam, limbah dari pepohonan, dan sebagainya.  
3

Jumlah
10


         Rumus Nilai Kognitif = Jumlah skor perolehan  X 100%
                Jumlah skor maksimal  

Makasssar,         Oktober 2011     

Mengetahui
Guru Pamong,                                                                                     Mahasiswa PPL,


                                                                                    
Maryam Ode. M,  S. Pd.                                                                          Juminten  
Nip.                                                                                                     Nim. 3040308093


                                                           Dosen Pembimbing



                                                           Ratnawati, S.Si, M.Si.
                                                           Nip. 1976 0405 2105 011 009

0 comments:

Post a Comment