Friday, November 4, 2011

Bunga

Begitu banyak jenis bunga di dunia ini, dan diantaranya ada yang terlihat sangat cantik dan wangi. Tetapi selain kecantikanya tersebut, ternyata ada beberapa bungan yang bisa dikonsumsi oleh kita. Bunga tersebut bisa dijadikan bumbu pelengkap, sebagai campuran minuman, dll. Berikut ini beberapa bunga tersebut:

Bunga Seruni (Chrysanthemum)

Bunga ini sering dijadikan hidangan terutama di beberapa negara seperti Jepang dan Korea. Di Jepang, bunga seruni diolah dengan tepung tempuna dan kemudian digoreng. Sedangkan di Korea bunga ini dimakan mentah yang dicampur dengan makanan lain. Dari segi kesehatan bunga seruni juga memiliki berbagai macam khasiat dan diantaranya adalah untuk memperlancar proses pencernaan dan juga sistem pembuangan. Berkhasiat juga membantu gangguan yang terjadi pada usus.

Bunga Rosella (Frambozen)

Dulu, kelopak rosella digunakan sebagai bahan pembuat sirup berwarna merah yang beraroma khas. Sekarang ini, kelopak rosella dikenal sebagai bahan minuman dan disebut teh rosella. Teh rosella dapat dibuat dengan cara sebagai berikut: ambil tiga sampai empat kuntum bunga rosella segar, cuci bersih, kemudian seduh dengan air panas secukupnya (satu cangkir). Setelah beberapa saat, tekan kelopak bunga hingga air menjadi berwarna merah, saring dan teh pun rosella pun siap diminum. Agar lebih enak, kita bisa menambahkan madu atau air jeruk nipis. Khasiat bagi tubuh kita adalah dapat menghambat radikal bebas karena terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Beberapa penyakit kronis yang ditemui saat ini banyak yang disebabkan oleh radikal bebas yang diantaranya adalah kerusakan ginjal, diabetes, jantung koroner, hingga kanker.
Bunga yang memiliki kelopak berwarna merah tua, tebal dan berair ini akan memiliki rasa yang asam dan khasiat yang semakin besar apabila warna merah pada kelopaknya semakin pekat.

Bunga Lavender

Bunga berwarna ungu ini biasa digunakan sebagai bahan pembuat permen, pewangi pada gula, bahkan bisa digunakan sebagai penghilang bau amis pada daging atau ikan. Setetes minyak esens lavender yang dibakar untuk aromaterapi mampu meredakan sakit kepala. Setetes minyak esens lavender pada bantal Anda juga memberikan efek relaksasi dan istirahat maksimal.

Bunga Mawar

Sari bunga mawar digunakan untuk pembuatan wine, saus salad, serta penambah rasa dan aroma pada adonan kue, puding serta selai. Bunga mawar memiliki kandungan vitamin C yang tidak kalah dengan kandungan vitammin C pada buah jeruk, kelopak atau helai bunga mawar (petal) bisa diolah menjadi sirup, selai ataupun unsur vitamin tambahan yang ditambahkan pada makanan olahan. Khasiatnya bagi tubuh kita adalah sebagai anti radang, anti kejang, melancarkan aliran empedu dan pengatur haid.

Bunga Anggrek

Bunga yang sering menjadi parasit dan tumbuh diantara pohon lain ini memiliki khasiat yang cukup bervariasi dan diantaranya adalah sebagai campuran pembuatan obat-obatan, sebagai campuran minyak wangi, sebagai penawar luka kaibat serangan lebah.

Bunga Tulip

Bunga tulip bisa digunakan bagi pengguna amnesia, memar, kepekatan darah tidak normal, stagnasi darah, kanker darah, tekanan darah tinggi dan darah rendah, pendarahan di dalam, gangguan sirkulasi darah, sakit punggung, parasit dalam darah (pada bunga tulip merah). Yang dimakan dari tulip adalah umbinya, dalam memasak umbi tulip, kebanyakan ahli kuliner akan berhati-hati terhadap rasa pahitnya. Memasak umbi tulip biasanya sebagai pengganti bawang merah atau dalam sup.
Bunga ini dikenal akan kemampuannya menyembuhkan penyakit penyakit tertentu serta bunga daisy ini juga dipercaya mampu untuk mengurangi stres dan berfungsi sebagai relaksasi otot dan menurunkan ketegangan. Daun dan bagian petal dari bunga ini dapat dimakan dan bisa digunakan untuk membuat teh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan atau sakit perut. (Zona Unique)

Catatan: Perlu diingat bahwa jangan memakan bunga yang mendapat perawatan dengan pestisida. Juga harap mempersiapkan dengan sangat teliti bunga yang akan di konsumsi. Walapun bunga tertentu dapat dimakan, tapi bunga tersebut tidak bisa digabungkan dengan makanan lainnya.

0 comments:

Post a Comment