RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri ---- Makassar
Mata Pelajaran : IPA Terpadu (Biologi Industri)
Kelas/ Semester : XI/ I
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami polusi dan dampaknya terhadap manusia dan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya
Indikator : 2.1.3 Menyebutkan macam-macam polusi air terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya
2.1.4 Menjelaskan macam-macam dampak polusi air terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya
A. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah :
1. Siswa mampu menyebutkan macam-macam polusi air terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya
2. Siswa mampu menjelaskan macam-macam polusi air terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya.
B. Materi Pembelajaran: Dampak Polusi Air
1. Pengertian polusi air
2. Penyebab polusi air
3. Dampak polusi air
a. Terhadap kesehatan manusia
b. Terhadap lingkungan
- Dampak polusi air karena buangan industri
- Dampak polusi air karena pembusukan sampah organik
- Dampak polusi karena pemakaian bahan agrokimia
- Dampak polusi air karena tumpahan minyak di perairan
- Dampak polusi air terhadap terumbu karang
C. Strategi Pembelajaran
Model : STAD
Metode : ceramah, tanya jawab dan penugasan
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No. | Jenis kegiatan | Waktu |
A | Pendahuluan 1. Presensi 2. Apersepsi : apakah kalian tahu dampak dari polusi air bagi manusia dan lingkungannya? 3. Motivasi : anak-anak hari ini kita akan mempelajari tentang dampak polusi air , maka sepatutnya kita menjaga lingkungan kita ini dengan baik agar dapat mengurangi dampak dari polusi udara tersebut 4. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai | 15’ menit |
B | Kegiatan inti 1. Menyampaikan beberapa informasi tentang berbagai dampak polusi air yang ada di lingkungan sekitar. 2. Meminta partisipasi siswa untuk menyebutkan contoh-contoh dampak polusi air. 3. Melibatkan peserta didik mencari informasi lain secara luas dari berbagai macam sumber. 4. Melakukan tanya jawab terhadap siswa mengenai dampak polusi air. | 60’ menit |
C | Penutup 1. Guru bersama dengan siswa menyusun kesimpulan hasil pembelajaran. 2. Memberikan tugas rumah (pekerjaan rumah) | 15’ menit |
E. Sumber Belajar
· Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK kelas XI penerbit Yudistira
· Lingkungan sekitar
· Sumber informasi lain; koran, majalah, website internet, dll
F. Penilaian
· Teknik : Tugas mandiri
· Bentuk instrumen : Tes tertulis
· Instrumen : Soal uraian
A. Alat instrumen kognitif
Soal :
1. Sebutkan 5 dampak polusi air terhadap lingkungan!
2. Tuliskan sumber-sumber yang menyebabkan polusi air !
3. Apa yang dimaksud dengan dengan polusi air?
4. Sebutkan ciri-ciri air yang mengalami polusi !
Kunci jawaban
No | Kunci jawaban | Skor |
1. | a. dampak polusi air karena buangan industri b. dampak polusi air karena pembusukan sampah organik c. dampak polusi air karena pamakaian bahan agrokimia d. dampak polusi air karena tumpahan minyak di perairan e. dampak polusi air terhadap terumbu karang | 3 |
2. | Limbah cair pabrik yang mngandung logam berat dan senyawa kimia, limbah pembuangan rumah tangga, misalnya detergen, kaleng, plastik, dan sisa-sisa makanan, limbah pertanian, lumpur-lumpur hasil erosi dan tanah longsor, zat asam dari hujan asam, tumpahan minyak | 3 |
3. | Pencemaran air adalah peristiwa masuknya zat, energi, unsur, atau komponen lainnya ke dalam air oleh kegiatan manusia sehingga menyebabkan kualitas atau mutu air terganggu (tercemar) | 2 |
4. | Adanya perubahan bau (menyengat), rasa (asam), dan warna (hitam pekat) | 2 |
| Jumlah | 10 |
Rumus Nilai Kognitif = Jumlah skor perolehan X 100%
Jumlah skor maksimal
Makasssar, Oktober 2011
Mengetahui
Guru Pamong, Mahasiswa PPL,
--------------------- -----------------
Nip. Nim.
Dosen Pembimbing
---------------------
Nip.
0 comments:
Post a Comment