Friday, January 20, 2012

RPP Efek Polutan Fosfat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :   SMK Negeri ----  Makassar
Mata Pelajaran            :   IPA Terpadu (Biologi Industri)
Kelas/ Semester           :   XI/ I
Alokasi Waktu            :   2   X  45 menit   
Standar Kompetensi    :  2. Memahami polusi dan dampaknya terhadap manusia dan lingkungannya
Kompetensi Dasar       :  2.1 Mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya
Indikator                      :  2.1.5 Menjelaskan efek polutan fosfat terhadap perairan
                                        2.1.6 Menyebutkan macam-macam dampak polusi tanah terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya.

A.    Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah :
1.      Siswa mampu menjelaskan efek polutan fosfat terhadap perairan
2.      Siswa mampu menyebutkan macam-macam polusi tanah terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya.

B.     Materi Pembelajaran: Efek Fosfat terhadap Perairan dan Dampak Polusi Tanah
1.      Asal fosfat
2.      Efek polutan fosfat terhadap perairan
3.      Penanganannya
4.      Pengertian polusi tanah
Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami.
5.      Penyebab terjadinya polusi tanah
 Beberapa Polutan / Pencemar Utama di Tanah:
1.Limbah Padat (Sampah)
2.Logam Berat
3.Pestisida
4.Nitrogen, Fosfat dan Garam Mineral

C.     Strategi pembelajaran
Model              : STAD
Metode            : ceramah, tanya jawab dan penugasan

D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Jenis kegiatan
Waktu
A
Kegiatan awal
1.      Presensi
2.      Apersepsi : apakah kalian tahu efek yang ditimbulkan dari fosfat terhadap perairan?
3.      Motivasi : anak-anak hari ini kita akan mempelajari tentang efek polutan fosfat terhadap perairan , maka sepatutnya kita menjaga lingkungan kita ini dengan baik agar dapat mengurangi dampak dari polutan tersebut.
4.      Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
15’ menit
B
Kegiatan inti
1.      Menyampaikan beberapa informasi tentang asal fosfat, efek polutan fosfat, penanganannya dan polusi tanah.
2.      Meminta partisipasi siswa untuk menyebutkan contoh-contoh efek polutan fosfat.
3.      Peserta didik mencari informasi lain secara luas dari berbagai macam sumber.
4.      Melakukan tanya jawab terhadap siswa mengenai efekpolutan fosfat dan polusi tanah.
60’ menit
C
Kegiatan akhir
1.      Guru bersama dengan siswa menyusun kesimpulan hasil pembelajaran.
2.      Memberikan tugas rumah (pekerjaan rumah)
15’ menit


E.     Sumber Belajar

·         Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK kelas XI penerbit Yudistira
·         Lingkungan sekitar
·         Sumber informasi lain; koran, majalah, website internet, dll

F.      Penilaian
Teknik                         : Tugas mandiri
Bentuk instrumen        : Tes tertulis
Instrumen                    : Soal uraian

G.     Instrumen Penilaian Kognitif
Soal :
1.         Apa yang terjadi apabila kelebihan polutan fosfat di perairan?
2.         Faktor-faktor apa saja yang menghambat penanggulangan polutan fosfat?
3.         Apa yang dimaksud dengan polusi tanah?
4.         Sebutkan penyebab dari polusi tanah!

Kunci jawaban
No
Kunci jawaban
Skor
1.
Banyaknya eceng gondok yang bertebaran di rawa-rawa dan danau-danau, hilangnya ikan dan hewan lainnya dalam mata rantai ekosistem air menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem air.

2
2.
Aktivitas peternakan yang intensif dan hemat lahan, konsumsi bahan kimiawi yang mengandung unsur fosfat yang berlebihan, pertumbuhan penduduk Bumi yang semakin cepat, urbanisasi yang semakin tinggi, dan lepasnya senyawa kimia fosfat yang telah lama terakumulasi dalam sedimen menuju badan air


3
3.
Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami
2
4.
Kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial, penggunaan pestisida, masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan, zat kimia, atau limbah. air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat.


3

Jumlah
10

         Rumus Nilai Kognitif = Jumlah skor perolehan     X 100 %  
                Jumlah skor maksimal  

                                                                                                 Makasssar,      Oktober 2011     

Mengetahui
Guru Pamong,                                                                                     Mahasiswa PPL,


                                                                                    
----------------------                                                                          --------------------   
Nip.                                                                                                     Nim. 



                                                           Dosen Pembimbing



                                                           ----------------------
                                                           Nip. 

0 comments:

Post a Comment