Sunday, January 22, 2012

Efek Rumah Kaca


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :   SMK Negeri -----  Makassar
Mata Pelajaran            :   IPA Terpadu (Biologi Industri)
Kelas/ Semester           :   XI/ I
Alokasi Waktu            :   2   X  45 menit   
Standar Kompetensi    :  2. Memahami polusi dan dampaknya terhadap manusia dan lingkungannya
Kompetensi Dasar       :  2.1 Mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya
Indikator                      :  2.1.7 Mendiskusikan tentang efek rumah kaca dan hujan asam
                                        2.1.8 Mendiskusikan tentang siklus karbon dan siklus nitrogen

A.    Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah :
1.      Siswa mampu mendiskusikan efek rumah kaca dan hujan asam
2.      Siswa mampu mendiskusikan siklus karbon dan siklus nitrogen

B.     Materi Pembelajaran:
1.      Efek Rumah Kaca
Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak, batu bara, dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuh-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.

2.      Hujan Asam
Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen dioksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Air hujan yang asam tersebut akan meningkatkan kadar keasaman tanah dan air permukaan yang terbukti berbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman. Usaha untuk megatasi hal ini saat ini sedang gencar dilaksanakan.

3.      Daur Karbon
Reaksi tersebut biasanya terjadi di hutan-hutan, padang rumput danjuga di rumput laut di lautan. Dalam daur karbon, karbon dioksida dibutuhkan tumbuhan yang kemudian akan dikonsumsi hewan, ikan dan manusia untuk kebutuhan sel dan energi. Dalam bentuk karbon dioksida dikembalikan ke alam, bila hewan atau tumbuhan tersebut mati akibat kerja mikroorganisme kerbon akan dikembalikan ke bumi.

4.      Daur Nitrogen
Reaksi rantai proton-proton terutama terjadi di dalam bintang-bintang seukuran matahari atau lebih kecil, namun reaksi pertama dari rantai proton-proton yang melibatkan dua proton memiliki penampang nuklir (cross section). Pada temperatur yang lebih tinggi bottleneck tersebut dilalui dengan memanfaatkan atom-atom karbon sebagai katalis dalam reaksi.

C.     Strategi Pembelajaran
Model                          : STAD
Metode                        : tanya jawab dan diskusi

D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Jenis kegiatan
Waktu
A
Pendahuluan
1.      Guru dan siswa berdoa sebelum memulai pelajaran
2.      Guru mengabsen siswa satu per satu
3.      Guru menjelaskan tata cara diskusi
4.      Guru membagi siswa menjadi empat kelompok besar
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
15’ menit
B
Kegiatan inti
1.      Siswa mempresentasikan materi diskusinya
2.      Siswa bertanya kepada kelompok yang memaparkan hasil diskusinya.
3.      Guru dan siswa membahas beberapa pertanyaan dan masalah yang dianggap sulit
60’ menit
C
Penutup
1.      Guru dan siswa mengambil kesimpulan dari hasil diskusinya
2.      Guru menutup pelajaran dengan salam
15’ menit

E.     Sumber Belajar
·         Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK kelas XI penerbit Yudistira
·         Lingkungan sekitar
·         Sumber informasi lain; koran, majalah, website internet, dll

F.      Penilaian
·         Teknik                         : Tugas kelompok
·         Bentuk instrumen        : Pengamatan langsung
 
A.    Instrumen Penilaian Psikomotor
Psikomotor

No.

Nama
Skor perolehan
setiap aspek

Nilai

Indikator
(aspek yang dinilai)
1
2
3
4
5
1.
Kelompok 1








1.      Kelengkapan alat dan bahan
2.      Keaktifan dalam membantu sesama teman kelompok
3.      Tanggung jawab
4.      Keterampilan dalam membuat produk
5.      Ketelitian

2.
Kelompok 2







3.
Kelompok 3







4.
Kelompok 4











Pedoman penilaian
Amat baik   = skor 75-100
Baik            = skor 50-74
Cukup         = skor 25-49
Kurang        = skor 0-25

         Rumus Nilai Kognitif = Jumlah skor perolehan     X 100 %  
                                                 Jumlah skor maksimal  

                                                                                          Makasssar,             Oktober 2011     

Mengetahui
Guru Pamong,                                                                                     Mahasiswa PPL,


                                                                                    
----------------------.                                                                          ------------------   
Nip.                                                                                                     Nim. 


                                                           Dosen Pembimbing



                                                           ---------------------.
                                                           Nip. 


0 comments:

Post a Comment