Friday, March 6, 2015

Penomena Batu Akik


sedang mengukir batu akik
Dayat sedang mengukir batu akik di Jalan Selakaso.
foto : deni nurdiansah / radar tasikmalaya
Pacitan, Jawa Timur

Penemuan batu mulia jenis kalsedon membuat Kabupaten Pacitan yang berada di ujung barat Jawa Timur ini menyedot wisatawan datang. Batu kalsedon sebenarnya banyak dihasilkan di Jawa Barat dan Sulawesi Tenggara, namun penemuan batu jenis ini di Pacitan sempat menghebohkan karena kualitasnya yang dianggap sangat baik. Batu jenis ini memiliki berbagai warna mulai dari merah, kuning, biru, hingga jingga, tapi yang utama ialah hijau. Di Pacitan sendiri batu kalsedon paling banyak ditemukan berwarna putih sampai abu-abu, biru-keabu-abuan dan coklat terang sampai coklat gelap.

Pulau Kasiruta, Maluku Utara

Salah satu jenis batu akik yang paling banyak digandrungi para kolektor saat ini adalah batu bacan. Namun dari mana asal batu ini? Banyak orang salah mengartikan bahwa batu mulia ini berasal dari Pulau Bacan, padahal sebenarnya pulau penghasil batu bacan adalah pulau Kasiruta, Maluku Utara. Penasbihan nama batu bacan sendiri diawali dari tempat pertama kali batu jenis ini diperjualbelikan yaitu di pulau Bacan.

Tanjung Bintang, Lampung Selatan

Batu akik bungur Tanjung Bintang merupakan salah satu batu mulia yang paling banyak diburu oleh para kolektor. Kabarnya batu bungur di salah satu kabupaten Lampung Selatan ini memiliki kualitas nomor satu di dunia. Ciri khas batu akik bungur Tanjung Bintang adalah warnanya yang ungu bening maka tak jarang batu akik ini disebut juga dengan Kecubung Bungur.

Kebumen, Jawa Tengah

Para pecinta batu akik kini tengah gencar memburu batu di Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Yang menyebabkan nama daerah tersebut naik daun adalah fenomena batu akik badar besi yang memiliki kandungan besi sehingga bisa menempel pada magnet jika didekatkan. Bahkan beberapa kasus batu ini mengandung magnet yang dapat menarik besi. Jenis batu akik ini menjadi salah satu yang paling banyak diburu para kolektor.

0 comments:

Post a Comment