Wednesday, October 15, 2014

Sejarah Facebook



 
Setelah kejadian Facemash, Mark dan teman-teman sekamarnya di Universitas Harvard semakin giat untuk mengembangkan proyek terbaru mereka yang dinamai "The Facebook". Akhirnya mereka meluncurkan situs tersebut pada tanggal 4 Februari 2004. Nama Facebook sendiri diambil dari direktori alumni Phillips Exeter Academy. Direktori tersebut berisi nama, nomor telepon, alamat, dan infromasi lainnya yang dapat diakses penggunanya secara online. Kemudian karena menilai nama The Facebook kurang menjual, mereka memutuskan untuk mengubahnya menjadi Facebook saja. 
Pada awalnya, Facebook diciptakan hanya untuk mahasiswa Harvard. Facebook pun mendapat respon positif dari civitas akademika Harvard. Dalam waktu 2 minggu mereka berhasil menjaring sekitar setengah populasi mahasiswa Harvard. Kemudian mereka lanjut dengan menerima anggota dari Ivi League. Lalu Facebook terbuka untuk seluruh mahasiswa se-Amerika. 

penemu facebook,pendiri facebook, tentang facebook, facebook login,login facebook, mark zuckerberg
Setelah semakin banyak pengguna, Facebook pun mulai ekspansi dengan menerima siswa-siswa SMA sebagai anggotanya. Hingga akhir tahun 2004 Facebook telah memiliki sekitar 1 juta pengguna.
Pendiri Facebook adalah seorang pemuda bernama Mark Elliot Zuckerberg atau yang lebih populer disebut Mark Zuckerberg. Pemuda keturunan Yahudi itu pernah dinobatkan sebagai orang terkaya termuda dalam sejarah yang memiliki kekayaan mencapai $1 miliar. Kini kekayaan penemu Facebook tersebut telah mencapai angka $17 Miliar (setara dengan Rp 190 Triliun). Lalu bagaimana sejarah Facebook hingga pembuat Facebook menjadi sedemikian kaya? Simak ulasan OlPreneur.com tentang Facebook kali ini. 

Biografi Mark Zuckerberg

Mark Elliot Zuckerberg lahir di White Plains New York,14 Mei 1984. Sejak kecil ia sudah menunjukkan ketertarikan yang luar biasa besar terhadap komputer. Ia pun sejak kecil telah belajar bahasa pemrograman komputer. Ketika berusia 12 tahun ia membuat sebuah program messaging sederhana untuk digunakan di kantor ayahnya yang seorang dokter gigi, agar resepsionis tidak perlu berteriak-teriak memanggil nama pasien. Ia beberapa kali kerap membuat game sederhana bersama teman sehobinya kala itu.
Ketika kuliah, ia pernah diancam D.O oleh pihak Universitas Harvard karena dinilai melanggar privasi sejumlah mahasiswa lainnya. Ia menciptakan suatu website yang bernama FaceMash dimana nilai seorang mahasiswa atau mahasiswi dinilai dengan pilihan Hot atau Tidak. Mark dan temannya mendobrak sistem keamanan kampus lalu meng-copy file-file foto mahasiswa. Kemudian pihak kampus bersedia memaafkan mereka dengan catatan situs tersebut harus ditutup. 
Facemash inilah yang menjadi cikal bakal kelahiran Facebook. Karena saat itu Mark Zuckerberg menilai jejaring sosial akan menjadi suatu fenomena baru di internet. Sama seperti 10 pebisnis online terkaya di dunia ini, Mark mencium bau uang dari jejaring sosial.

0 comments:

Post a Comment