RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMAN 100 MAKASSAR
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI 2
Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
II. KOMPETENSI DASAR 2.1
Megidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dalam fungsinya.
III. INDIKATOR
A. KOGNITIF
1. Produk
1. Mengidentifikasi berbagai jenis jaringan pada tumbuhan yang menyusun daun.
2. Proses
1. Melakukan pengamatan gambar pada struktur daun.
B. AFEKTIF
1. Karakter
Menunjukkan prilaku berkarakter, meliputi jujur, teliti, sopan, peduli, tanggung jawab, bekerja sama dan rasa ingin tahu dan menghargai pendapat teman.
2. Keteramplan social
Menunjukkan keterampilan ssosial, meliputi: bertanya menyambungkan idea tau pendapat menjadi pendengar yang baik berkomunikasi dengan santun.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
A. Kognitif
1. Siswa dapat membandingkan struktur anatomi daun monokoil dan dikotil melalui pengamatan gambar.
B. Proses
1. Siswa dapat melakukan pengamatan gambar pada daun.
V. MATERI PEMBELJARAN/URAIAN MATERI :
Struktur anatomi daun pada tumbuhan :
v Secara umum struktur anatomi daun pada tumbuhan :
· Epidermis terdiri dari 1 lapis sel yang dindingnya mengalami penebalan dari zat kitin (kutikula) atau kadang dari lignin.
· Mesofil (jaringan dasar) terdiri dari sel-sel parenkim yang tersusun renggang dan terdiri dari banyak ruang antarsel.
· Berkas pengangkut, terdapat pada tulang daun yang berfungsi sebagai alat transpor dan sebagaipenguat daun.
· Jaringan tambahan meliputi sel-sel khusus yang umumnya terdapat pada mesofil daun, misalnya sel-sel kristal dan kelenjar.
v Struktur Jaringan penyusun daun dikotil :
· Epidermis berada pada lapissan permukaan atas dan bawah daun terdiri dari 1lapis sel berfungsi melindungi lapisan sel dibagian dalam dari kekeringan serta menjaga bentuk dsun sgsr tetap.
· Kutikula terletak di lapisan permukaan atas dan bawah daun dimana pada kutikula terdapat zat kutin yang mencegah penguapan air melalui permukaan daun.
· Stomata, melapisi permukaan atas dan bawah daun berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara.
· Rambut dan kelenjar terletak di antara permukaan atas dan bawah daun berfungsi sebagai alat pengeluaran.
· Meesofil terletak di antara lapisan epidermis atas dan bawah berfungsi sebagaitempat berlangsungnya fotosintesis.
· Urat daun terletak pada helai daun berfungsi sebagai transportasi zat.
v Struktur anatomi daun monokotil :
· Epidermis dan kutikula terdapat pada lapisan atas dan bawah daun berfungsi sebagai melindungi lapisan sel di bagian dalam dari kekeringan serta mencegah penguapan air melalui permukaan daun.
· Stomata letaknya berderet di antara urat daun berfungsi sebagai jalan masuk dan keluarnya udara.
· Mesofil terletak pada cekungan di antara urat daunberfungsi membuat zat makanan melalui fotosintesis.
· Urat daun terletak pada helai daun berfungsi sebagain transportasi zat.
VI. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : kooperatif tipe STAD
Metode pembeajaran : pengamaan gambar, diskusi, Tanya jawab.
VII. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
|
Langkah Langkah Pembelajaran
|
fase
|
Waktu
| |
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
| |||
1
|
Pendahuluan
v Kegiatan awal
v Memberikan kesempatan kepda ketua kelas untuk memimpin doa (religius)
.
v Menyebutkan SK, KD, dan indicator tentng materi yang diajarkan.
Kegiatan Inti
v Menyebutkan secara umum struktur anatomi daun pada tumbuhan
v Menjelaskan secara umum stuktur natomi daun pada tumbuhan.
v Menyampaikan informasi tentang perbedaan struktur anatomi daun dikotil dengan strukur anatomi daun monokoil
v Mempersilahkan siswa unuk mengisi LKS sesuai dengan pedoman yang diberikan
v Mempersilahkan siswa untuk berdikusi kelompok
|
v Ketua kelas memimpin doa dan siswapun ikut bedoa menurut keyakinannya masing-masing.
v Menyimak SK, KD, dan indikator tentang materi yang akan diajarkan.
v Menyimak struktur anatomi daun yang telah disebutkan oleh guru.
v Menyimak strukur anatomi daun yang telah dijelaskan oleh guru.
v Menyimak informasi yang diampaikan oleh guru.
v Mengisi LKS
v Berdikusi kelompok
|
1
2
3
4
5
|
10
33
|
Kegiatan akhir
v Meberikan pujian kepada siswa yang paling tangkap tentang materi yang diberikan
v Memprsilahkan siswa untuk beristirahat.
|
v Mersa senng dan gembira.
v Meninggalkan tempat untk beristirahat.
|
6
7
|
3
|
VIII. SUMBE BLAJAR/MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber : buku paket Biologi Sunda Kelapa Pustaka Kls XI hal 76 – 82
: lembar kegiatan siswa yang diterbitkan oleh musyawarah guru mata peljaran Biologi kota Makassar .
Media pembelajaran : Power Poin (lap top / LCD
IX. PENILAIAN DAN POGRAM TINDAK LANJUT
Prosdur penilian
Penilaian Kognitif : terlampir :
· Jenis penilain : penilaian kogniif terlampir
· Benuk Instrumen : Uraian, Esay
Peilaian keterampilan sosial : terlampir
Program tindak lanjut :
- Siswa yang tuntas KKM diberi program pengayaan
- Siswa yang tidak tuntas diberi program remedial.
INSTRUMEN
Penilaian Kognitif
v Petunjuk :
Jawablah pertanyaan ini dengan ingkat dan benar !
1. Tuliskn 4 struktur anatomi daun pada tumbuhan secara umum?
2. Jelaskan perbedaan struktur anatomi daun pada tumbuhan dikotil dengan struktur anatomi daun pada tumbuhan monokotil?
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
2
|
v Secara umum struktur anatomi daun pada tumbuhan :
· Epidermis terdiri dari 1 lapis sel yang dindingnya mengalami penebalan dari zat kitin (kutikula) atau kadang dari lignin.
· Mesofil (jaringan dasar) terdiri dari sel-sel parenkim yang tersusun renggang dan terdiri dari banyak ruang antarsel.
· Berkas pengangkut, terdapat pada tulang daun yang berfungsi sebagai alat transpor dan sebagaipenguat daun.
· Jaringan tambahan meliputi sel-sel khusus yang umumnya terdapat pada mesofil daun, misalnya sel-sel kristal dan kelenjar.
v Struktur Jaringan penyusun daun dikotil :
· Epidermis berada pada lapissan permukaan atas dan bawah daun terdiri dari 1lapis sel berfungsi melindungi lapisan sel dibagian dalam dari kekeringan serta menjaga bentuk dsun sgsr tetap.
· Kutikula terletak di lapisan permukaan atas dan bawah daun dimana pada kutikula terdapat zat kutin yang mencegah penguapan air melalui permukaan daun.
· Stomata, melapisi permukaan atas dan bawah daun berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara.
· Rambut dan kelenjar terletak di antara permukaan atas dan bawah daun berfungsi sebagai alat pengeluaran.
· Meesofil terletak di antara lapisan epidermis atas dan bawah berfungsi sebagaitempat berlangsungnya fotosintesis.
· Urat daun terletak pada helai daun berfungsi sebagai transportasi zat.
v Struktur anatomi daun monokotil :
· Epidermis dan kutikula terdapat pada lapisan atas dan bawah daun berfungsi sebagai melindungi lapisan sel di bagian dalam dari kekeringan serta mencegah penguapan air melalui permukaan daun.
· Stomata letaknya berderet di antara urat daun berfungsi sebagai jalan masuk dan keluarnya udara.
· Mesofil terletak pada cekungan di antara urat daunberfungsi membuat zat makanan melalui fotosintesis.
· Urat daun terletak pada helai daun berfungsi sebagain transportasi zat.
|
2
2
2
2
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Jumlah
|
18
|
Nilai = skor perolehan X100
Skor makimal
Intstrumen penilaian Kognitif
NO
|
Nama
|
Nilai yng diperoleh pada K.D.2.1
|
Nilai
|
Keterangan
| ||||
NH
|
NT
|
NA
|
RM
|
Tuntas
|
Tidak tuntas
| |||
1.
2.
3.
4.
5.
dst
|
Ket: NH : Nilai ulangan harian
NT : Nilai tuga
NA : Nilai akhir (penggabngan NH dengan NT)
RM : Nilai remedial (bagi siswa yang nilainya belum mencapaiKKN)
Penilaian afektif
NO
|
Nama siswa
|
Skor peroleha setiap aspek
|
Nilai
|
Indikator (Aspek yang dinilai)
| |||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
| ||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Dst
|
1. Tepat waktu menikuti PM
2. Keaktifan dalam PBM
3. Satun terhadap guru dan temanya
4. Tanggung jawab
5. Menghargai pendapa orang lain
6. Ketelitian
7. Ketekunan
8. Presentase kehadiran dikelas
Pedoman penilaian
1. Skor 32-40 = amat baik
2. Skor 24-31 = baik
3. Skor 16- 23 = cukup
4. Skor 8-15 = kurang
|
Mengetahui instruktur biologi Makassar, September 2011
Mengetahui Guru Pamong Mahasiswa PPL
Drs. Pagurus sp Abdul Muhaimin. NIP:1867 1231 18940 2 022 NIM:20403108005
Dosen Pembimbin
Drs. Estiti Hidayat
Nip:1962113 1197803 1 013
0 comments:
Post a Comment