RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMAN 100 MAKASSAR
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI 2
Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
II. KOMPETENSI DASAR 2.1
Megidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dalam fungsinya.
III. INDIKATOR
A. KOGNITIF
1. Produk
1. Mengidentifikasi berbagai jenis jaringan pada tumbuhan yang menyusun batang.
2. Proses
1. Melakukan pengamatan gambar pada struktur batang.
B. AFEKTIF
1. Karakter
Menunjukkan prilaku berkarakter, meliputi jujur, teliti, sopan, peduli, tanggung jawab, bekerja sama dan rasa ingin tahu dan menghargai pendapat teman.
2. Keteramplan social
Menunjukkan keterampilan ssosial, meliputi: bertanya menyambungkan idea tau pendapat menjadi pendengar yang baik berkomunikasi dengan santun.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
A. Kognitif
1. Siswa dapat membandingkan struktur anatomi batang monokoil dan dikotil melalui pengamatan gambar.
B. Proses
1. Siswa dapat melakukan pengamatan gambar pada batang.
V. MATERI PEMBELJARAN/URAIAN MATERI :
Struktur anatomi batang pada tumbuhan :
v Secara umum struktur anatomi batang pada tumbuhan :
· Epidermis terdiri dari 1 lapis sel yang tersusun rapat.
· Korteks terdiri dari banyak sel dan tersusun berlapis-lapis , dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antar sel untuk pertukaran gas.
· Stele (silinder pusat terletak disebelah dalam endodermis. Diantara stele terdapat berkas pengangkut.
v Jaringan penyusun batang dikotil :
· Epidermis terletak dibagian luar akar yang berfungsi sebgai jalan masuk air dan garam mineral.
· Korteks terletak di sebelah dalam epidermis berfungsi sebagai cadangan makanan.
· Endodermis terletak pada lapisan dalam korteks dan di luar periskel berfungsi mengatur masuknya air tanah ke dalam pembuluh dan menyimpan zat makanan.
· Kambium terletak diantara berkas pembuluh xilem dan floem yang jika ke dalam berfungsi membentuk jaringan xilem dan jika ke luar membentuk jaringan floem.
· Xylem terletak di bagian tengah akar berfugsi mengngkut air da garam minra dari tanah menu daun.
· Floem terletk diantara jari-jari yang dibentuk oleh xylem berfungsi mengangkut zat makanan yang dibyuat daun menuju keseluruh bagian tubuh umbuhan.
· Empulur terletk pada bagian tengah diantara bangunn bentuk bintang di dalam xylem berfungsi menyiman cadagan makanan.
v Berdasarkan letaknya, kambium ada 2 tipe yaitu :
· Kambium vaskuler, kambium terletak diantara berkas pengangkut dan parenkim.
· Kambium intravaskuler, kambium terletak diantara dua berkas pengangkut.
v Struktur anatomi batang monokotil :
· Epidermis, korteks, dan perisikel memiliki struktur, lokasi dan fungsi sperti pada batang tanaman dikotil.
· Xylem dan floem seperti pada batang tanaman dikotil tetapi letak keduanya saling brdekatan karena tidak memiliki kambum.
VI. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : kooperatif tipe STAD
Metode pembeajaran : pengamaan gambar, diskusi, Tanya jawab.
VII. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
NO | Langkah Langkah Pembelajaran | fase | Waktu | |
Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | |||
1 | Pendahuluan v Kegiatan awal v Memberikan kesempatan kepda ketua kelas untuk memimpin doa (religius) v Memberikan sedikit ulasan tentang jaringan pada tumbuhan. v Menyebutkan SK, KD, dan indicator tentng materi yang diajarkan. Kegiatan Inti v Menyebutkan secara umum struktur anatomi batang pada tumbuhan v Menjelaskan secara umum stuktur natomi batang pada tumbuhan. v Menyampaikan informasi tentang perbedaan struktur anatomi batang dikotil dengan strukur anatomi batang monokoil v Mempersilahkan siswa unuk mengisi LKS sesuai dengan pedoman yang diberikan v Mempersilahkan siswa untuk berdikusi kelompok | v Ketua kelas memimpin doa dan siswapun ikut bedoa menurut keyakinannya masing-masing. v Menyimak dan mencatat apa yang perlu diketahui (hl-hal yang penting). v Menyimak SK, KD, dan indikator tentang materi yang akan diajarkan. v Menyimak struktur anatomi batang yang telah disebutkan oleh guru. v Menyimak strukur anatomi batang yang telah dijelaskan oleh guru. v Menyimak informasi yang diampaikan oleh guru. v Mengisi LKS v Berdikusi kelompok | 1 2 3 4 5 | 10 33 |
| Kegiatan akhir v Meberikan pujian kepada siswa yang paling tangkap tentang materi yang diberikan v Memprsilahkan siswa untuk beristirahat. | v Mersa senng dan gembira. v Meninggalkan tempat untk beristirahat. | 6 7 | 3 |
VIII. SUMBE BLAJAR/MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber : buku paket Biologi Sunda Kelapa Pustaka Kls XI hal 70 – 75
: lembar kegiatan siswa yang diterbitkan oleh musyawarah guru mata peljaran Biologi kota Makassar .
Media pembelajaran : Power Poin (lap top / LCD
IX. PENILAIAN DAN POGRAM TINDAK LANJUT
Prosdur penilian
Penilaian Kognitif : terlampir :
· Jenis penilain : penilaian kogniif terlampir
· Benuk Instrumen : Uraian, Esay
Peilaian keterampilan sosial : terlampir
Program tindak lanjut :
- Siswa yang tuntas KKM diberi program pengayaan
- Siswa yang tidak tuntas diberi program remedial.
INSTRUMEN
Penilaian Kognitif
v Petunjuk :
Jawablah pertanyaan ini dengan ingkat dan benar !
1. Tuliskn 3 struktur anatomi batang pada tumbuhan secara umum?
2. Jelaskan perbedaan struktur anatomi batang pada tumbuhan dikotil dengan struktur anatomibatang pada tumbuhan monokotil?
3. Tuliskan 2 tipe kambium berdasarkan letaknya ??
No | Kunci Jawaban | Skor |
1 2 3 | v Secara umum struktur anatomi batang pada tumbuhan : · Epidermis terdiri dari 1 lapis sel yang tersusun rapat. · Korteks terdiri dari banyak sel dan tersusun berlapis-lapis , dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antar sel untuk pertukaran gas. · Stele (silinder pusat terletak disebelah dalam endodermis. Diantara stele terdapat berkas pengangkut. v Jaringan penyusun batang dikotil : · Epidermis terletak dibagian luar akar yang berfungsi sebgai jalan masuk air dan garam mineral. · Korteks terletak di sebelah dalam epidermis berfungsi sebagai cadangan makanan. · Endodermis terletak pada lapisan dalam korteks dan di luar periskel berfungsi mengatur masuknya air tanah ke dalam pembuluh dan menyimpan zat makanan. · Kambium terletak diantara berkas pembuluh xilem dan floem yang jika ke dalam berfungsi membentuk jaringan xilem dan jika ke luar membentuk jaringan floem. · Xylem terletak di bagian tengah akar berfugsi mengngkut air da garam minra dari tanah menu daun. · Floem terletk diantara jari-jari yang dibentuk oleh xylem berfungsi mengangkut zat makanan yang dibyuat daun menuju keseluruh bagian tubuh umbuhan. · Empulur terletk pada bagian tengah diantara bangunn bentuk bintang di dalam xylem berfungsi menyiman cadagan makanan. v Struktur anatomi batang monokotil : · Epidermis terletak dibagian luar akar yang berfungsi sebgai jalan masuk air dan garam mineral. · Korteks terletak di sebelah dalam epidermis berfungsi sebagai cadangan makanan. · Endodermis terletak pada lapisan dalam korteks dan di luar periskel berfungsi mengatur masuknya air tanah ke dalam pembuluh dan menyimpan zat makanan. · Xylem terletak di bagian tengah akar berfugsi mengngkut air da garam minra dari tanah menu daun. · Floem terletk diantara jari-jari yang dibentuk oleh xylem berfungsi mengangkut zat makanan yang dibyuat daun menuju keseluruh bagian tubuh umbuhan. v Berdasarkan letaknya, kambium ada 2 tipe yaitu : · Kambium vaskuler, kambium terletak diantara berkas pengangkut dan parenkim. · Kambium intravaskuler, kambium terletak diantara dua berkas pengangkut. | 2 2 2 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 |
| Jumlah | 20 |
Nilai = skor perolehan X100
Skor makimal
Intstrumen penilaian Kognitif
NO | Nama | Nilai yng diperoleh pada K.D.2.1 | Nilai | Keterangan | ||||
NH | NT | NA | RM | Tuntas | Tidak tuntas | |||
1. 2. 3. 4. 5. dst | | | | | | | | |
Ket: NH : Nilai ulangan harian
NT : Nilai tuga
NA : Nilai akhir (penggabngan NH dengan NT)
RM : Nilai remedial (bagi siswa yang nilainya belum mencapaiKKN)
Penilaian afektif
NO | Nama siswa | Skor peroleha setiap aspek | Nilai | Indikator (Aspek yang dinilai) | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | ||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. dst | | | | | | | | | | | 1. Tepat waktu menikuti PM 2. Keaktifan dalam PBM 3. Satun terhadap guru dan temanya 4. Tanggung jawab 5. Menghargai pendapa orang lain 6. Ketelitian 7. Ketekunan 8. Presentase kehadiran dikelas Pedoman penilaian 1. Skor 32-40 = amat baik 2. Skor 24-31 = baik 3. Skor 16- 23 = cukup 4. Skor 8-15 = kurang |
Mengetahui instruktur biologi Makassar, September 2011
Mengetahui Guru Pamong Mahasiswa PPL
Drs. Estiti Hidayat. Abdul Muhaimin. NIP:1967 1231 19940 2 022 NIM:20403108005
Dosen Pembimbin
Drs. Pagurus sp
Nip:1962123 1198803 1 022
0 comments:
Post a Comment