Wednesday, July 27, 2011

Golok

golok singa
Bangsa indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang dihasilkan dari berbagai macam etnis yang ada. Bila dibandingkan dengan negara lain indonesia jauh lebih unik.

Salah satu keunikannya adalah, setiap suku bangsa di indonesia memiliki senjata khas masing masing. Orang jawa dengan keris, orang sunda dengan kujang, sedangkan dari etnis betawi terkenal dengan golok.

Dahulunya golok dipakai oleh jagoan/jawara sebagai senjata. Salah satu golok yang terkenal adalah Golok Betok yang kini diperkirakan berusia lebih kurang 800 tahun. Yang kini menjadi senjata pusaka yang masih tersimpan rapi oleh seorang kolektor senjata tradisional.

golok singa bilah
Menururutnya Golok Betok sebagai sebuah senjata pusaka keberadaannya merupakan asal muasal senjata dalam sejarah nusantara. Bahkan, sebelum adanya keris dan kujang karena Golok Betok sudah ada konsepnya lebih dahulu.

Jikalau dilihat dari bentuknya Golok Betok tak jauh beda dengan golok golok umumnya. Hanya saja golok ini terihat gemuk dan sedikit lebih pendek/bantet. Golok ini terbuat dari baja hitam dengan gagang kayu hitam juga. Mungkin juga bentuknya seperti ikan betok..

0 comments:

Post a Comment